PENGAJIAN DAN DOA BERSAMA DALAM RANGKA RASULAN TRI DUSUN

@ws 06 Juli 2019 22:54:15 WIB

Semanu (SIDA) - Memasuki rangkaian agenda rasul malam ini Sabtu, 6 Juli 2019 bertempat di balai padukuhan Nitikan barat diselenggarakan pengajian dan doa bersama dengan penceramah bpk Drs.K.H.Bukhori Muslim,M.Pd.I. Sebelum acara dibuka, terlebih dahulu ditampilkan grup Hadroh oleh ibu2 yang mengusung sholawat dan lagu lagu bernuansa islami. Setelah itu pengajian dibuka dengan pembacaan Kalam illahi.Pengajian dihadiri oleh jamaah dari tri padukuhan. Melalui pengajian harapannya menjadi media silaturahmi dari warga masyarakat di padukuhan Sambirejo, Nitikan barat, dan Nitikan timur. Selain itu dapat menjadikan bahan refleksi diri bagi masyarakat agar menjadi warga masyarakat yang taat, beragama, dan berbudaya. Doa yang dipanjatkan yakni semoga ditahun yang akan datang warga tri padukuhan dapat lebih kuat bersatu menuju padukuhan yang tata, Titi, tentrem, Raharjo,dijauhkan dari segala hal hal yang negatif.


Seperti tema yang digunakan dalam Rasulan tri Dusun ini yaitu Minongko Syukuring Kawulo Tumuju Pikukuhing Agama lan Budaya Ngupadi Ayem Tentrem lan Rahayuning Warga juga sama dengan apa yang disampaikan Drs.K.H.Bukhori Muslim,M.Pd.I. dalam mauidhoh hasanahnya yaitu Untuk menjadi warga masyarakat yg taat dalam beragama maka harus terus ditingkatkan ibadah, mengaji, dan mujahadah. Untuk dijauhkan dari pengaruh asing agar warga tetap tentram yaitu dengan terus melestarikan budaya, tentunya budaya yang didalamnya diserasikan dengan nilai-nilai agama. Seperti yg diselenggarakan oleh tri padukuhan ini, yaitu rasulan (budaya) diisi dengan acara pengajian (agama).
Dengan acara rasul tri padukuhan jadikanlah media untuk mempererat dan memperkuat hubungan antar warga sehingga tidak ada rasa iri, dengki, curiga yang dapat merusak kesatuan dan persatuan warga. Untuk mendapatkan ketentraman dan ketenangan hidup perbanyak ibadah, dzikir, dan shodaqoh. Seperti dalam adat rasul ada shodaqohan ingkung.

Komentar atas PENGAJIAN DAN DOA BERSAMA DALAM RANGKA RASULAN TRI DUSUN

Andre 11 September 2019 13:22:15 WIB
Apakah di acara rasulan masih mementaskan janggrung?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Semanu

tampilkan dalam peta lebih besar