KWT NGUDI MAKMUR SEMANU PANEN SAYURAN HIDROPONIK DITENGAH PANDEMI COVID 19

angel 03 Juli 2020 19:47:22 WIB

Semanu (SIDA) –  KWT ( Kelompok Wanita Tani ) Ngudi Makmur Padukuhan Sambirejo Kalurahan Semanu Kapanewon Semanu di awal bulan Juli 2020 ini boleh merasakan kegembiraan walaupun masih dalam suasana Pandemi Covid 19. Hal ini dikarenakan KWT Ngudi Makmur berhasil memanen Tanaman Hidroponik yang telah dibudidayakan selama ini. Dalam pelaksanaan tahap pengembangan Pekarangan Pangan  ( P2L) KWT Ngudi Makmur didampingi oleh Petugas Pendamping dari BPP Kapanewon Semanu Henny Fahmiati. E,SP. Kelompok Wanita Tani Ngudi Makmur mencoba budidaya Tanaman Hidroponik karena tehnik penanamannya merupakan tehnik bercocok tanam yang ramah lingkungan serta dapat meningkatkan perekonomian para anggota KWT. Sayuran yang dihasilkan dari sistem Hidroponik lebih sehat dan aman dikonsumsi. Jenis tanaman yang dipanen saat ini yaitu jenis sayuran seperti Selada merah, Selada romain, Kangkung, Bayam, Sawi, Kol, Daun Bawang, dan Seledri.

Hasil Panen tahap ini masih dalam skala kecil karena belum semua media yang ada di KWT siap Panen karena masa tanam tidak bersamaan. Setelah sayuran dipanen kemudian dipacking dan siap dipasarkan selain dijual kepada warga masyarakat sekitar juga dipasarkan keluar melalui Media Online dengan harga di bawah harga pasar. Harapan dari KWT Ngudi Makmur, bahwa hasil panen sayuran ini dapat bermanfaat bagi kesehatan warga karena sayuran hidroponik sangat kaya vitamin, warga diharap agar mulai menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) apalagi dimasa Pandemi Covid 19 ini harus mengkonsumsi makanan yang sehat, agar imun tubuh selalu kuat hal ini disampaikan oleh Susanti Ketua KWT Ngudi Makmur.

Panen sayuran hidroponik oleh KWT Ngudi makmur kali ini didampingi oleh Dukuh Sambirejo Wiyana yang sekaligus sebagai penasehat KWT. Dalam kesempatan ini Dukuh Sambirejo juga memberikan apresiasi ucapan selamat karena anggota KWT tetap semangat berusaha untuk memajukan KWT dan mengembangkan kegiatannya walau dimasa Pandemi Covid, beliau juga berpesan walau kondisi sudah dirasa nyaman tetapi harus tetap menjalankan setiap kegiatan sesuai Protokoler yang telah ditetapkan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Semanu

tampilkan dalam peta lebih besar